Di balik Doa Pengantin

 
  Saat kita menghadiri acara walimah pernikahan, sering kita memberi doa kepada kedua mempelai dengan doa yang bermacammacam. Ada yang memeberi doa semoga kekal sampai nenek kakek, ada yang memberi doa semoga langgeng, ada yang memberi doa semoga bahagia terus., dan lalin lain. 

Padahal sebenarnya doa yang telah di ajarkan untuk kita berikan kepada kedua mempelai adalah doa "Barokallohu laka wa baroka 'alaika wajama bainakuma fi khoir". Selarik doa ini telah sempurna mencakup banyak doa yang sering kita berikan kepada pengantin.

Dalam kaidah bahasa arab, kata "barokallohu laka" ini adalah berarti kita mendoakan pengantin untuk selalu dilimpahi keberkahan ketika mereka berada dalam kesenangan, kemudahan hidup, dan kelapangan rizki. Sedang pada kata "wa baroka 'alaika" berarti kita mendoakan pengantin untuk tetap mendapat keberkahan ketika mereka berada dalam kesusahan hidup. Kenapa menggunakan kata barakah? Karena hanya keberkahan  yang akan menjadikan seseorang selalu merasa cukup menerima setiap ketentuan-Nya dan selalu menghadirkan rasa syukur di dalam hidup.

Untuk kata "wa jama'a bainakuma fikhoir" ini adalah doa pengharapan untuk kedua mempelai semoga keduanya selalu dikumpulkan dalam kebaikan di dunia dan akhirat. Yaa semua kebaikan yang akan menjadikan mereka semakin bertakwa, semakin dekat kepad Allah, semakin menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik, semakin sakinah, mawaddah wa rahmah keluarga yang akan mereka bina, selalu dikumpulkan dalam kebaikan, dijauhkan dari segala keburukan sampai kelak di akhirat.

Jadi berilah doa untuk para mempelai dengan doa yang seharusnya. Supaya keluarga-keluarga yang mereka bina selalu berlimpah keberkahan dan kebaikan. Mampu menghadirkan para penerus ummat yang terus berada dalam kebaikan pula. Amiin

Komentar

Postingan Populer