Tips Kepenulisan

Tips-Tips Kepenulisan dari Sanggar Penulis

Kebanyakan orang--mungkin termasuk saya--menulis untuk mengajak, memberi petunjuk, memberikan pengetahuan. 
Berarti ini menempatkan orang lain sebagai orang yang diam, sesat, dan bodoh.
Apakah ini sebuah masalah?
Jadi bagaimana seharusnya menulis?
Seharusnya,
Saya berusaha menempatkan pembaca sebagai orang yang cerdas, 
Seharusnya, saya berusaha tidak mendikte pikiran mereka harus ini harus itu
Sebaliknya, saya harus mengajak mereka berpikir, mempertanyakan apa yang saya sampaikan, dan jangan risih dengan debatan mereka.
(Dana.....)

**Sampai Anda mencobanya, Anda tak tahu hal yang Anda tak bisa! ~ Henry james ~**

**Orang hebat menulis masalah hebat dengan bahasa sederhana, orang yang ingin disebut hebat, menulis masalah sederhana dengan bahasa yang berat ~ Emha Ainun Najib / Cak Nun ~**

**Saya baru menyadari saat saya memulai menulis betapa banyak yang tidak saya ketahui bahwa saya tahu, dan ketika saya mulai menulis, ia keluar secara refleks ~ Mary Lavin ~**

**Keberanian adalah hal penting yang pertama ~ Katherine Anne Porter **

**Menulislah – pada saat awal – dengan hati. Setelah itu, perbaiki tulisan Anda dengan pikiran. Kunci pertama dalam menulis adalah bukan berpikir, melainkan mengungkapkan apa saja yang Anda rasakan. ~ William Forrester ~**

**Buku tentang tulis – menulis sebaiknya dibuat seringkas mungkin. Semakin tebal buku itu, semakin banyak pula omong kosong yang termuat di dalamnya ~ Stephen King daam On Writing ~**

**Membaca, bertukar pikiran dengan teman, bepergian, atau berbicara dengan banyak orang dari berbagai latar belakang telah memperkaya tulisan-tulisan saya
~ Linda Christanty: Peraih Penghargaan Anugerah Satra Khatulistiwa untuk**

**Buatlah agar setiap pemikiran, setiap fakta, yang melintas di benak Anda mendatangkan keuntungan bagi Anda. Buatlah agar pemikiran itu berguna dan memberikan hasil bagi Anda. Pikirkan sesuatu itu bukan seperti apa adanya, pikirkan apa yang dapat Anda perbuat darinya. Jangan hanya bermimpi- ciptkanlah ~ Maxweell Maltx ~**
Tips Kepenulisan Pipit Senja

1.      Mulailah menulis setelah tahu apa yang ingi kita tulis.
2. Seting jangan terlalu banyak, paling banyak dua lokasi.
3. Karakter tokoh juga jangan terlalu banyak.
4. Gunakan kalimat komunikatif, tidak bertele-tele, dan tidak usah terlalu banyak menggunakan bunga bahasa.
5. Ambil tema baru, khas, unik, menarik.
6. Kirimkan naskah banyak-banyak, jangan nunggu dimuat, terus saja nulis dengan tema baru dan baru lagi.
7. Jika ide mentok, tinggalkan saja dulu, dan garap tulisan baru, nanti jika ada waktu, garap lagi.
(Pipit Senja)


**Tidak ada resep yang lebih baik untuk menjadi penulis, kecuali dengan menulis sekarang juga ~ Inspiring Word For Writers ~**

Bagaimana Hilman Lupus menulis?

1. Penulis harus punya tekad: gue harus nulis! pokoknya harus!
2. Jangan kejar uang, kejar pengalaman!
3. Asah intuisi. Teruslah berlatih mengolah ide.
4. Kalau ide habis, ubah sudut pandang.

5. Biar tokoh ceritamu menarik, setel logika. Contoh jika tokoh yang kamu tuliskan wanita, berpikirlah sebagai seorang wanita.
6. Jangan cepat puas.


**Manusia akan lelah jika berdiri diam ~ Peribahasa Cina ~**

Komentar

Postingan Populer