Hikmah Perbedaan dengan Pasangan


 Sering kita jumpai betapa banyak pasangan yang memilki perbedaan  hobi dan kesenangan. Dan aku salah satu diantaranya. Kadang rasanya iri bila melihat pasangan yang memilki kesenangan yang sama dan bisa menjalani hobinya berdua. Tapi itu dulu, sekarang???? tidak lagi..

Sejak aku menemukan kesenanganku yang sempat tertidur pulas. Karena aku tidak memilkik biah (lingkungan yang mendukung), dulu rasanya aku sering melengkungkan bibir untuk manyun setiap menyadari harus terpaku sendiri di tinggal suami untuk menunaikan kewajiban dan kesenangannya dalam mengemban tugas. Dulu suami pun sering kulihat tanpa senyum ketika mendapatiku tengah asyik larut dalam kesenanganku membaca. Belum lagi kesenangan kami soal tontonan yang jauh berbeda. Aku lebih menyenangi film-film roman, detektif dan talk show sedang suamiku maunya melihat acara komedi dan kajian ilmu. Sering kami berebut remote tv dan berakhir dengan tertidurnya salah satu karena tidak mood dengan tayangan yang dimenangkan oleh satunya.

Tapi itu semuanya dulu, semenjak aku benar-benar menekuni dunia tulis menulis dan mampu membuktikan pada suami bahwa aku benar ingin mendalaminya, suami berlahan mendukungku penuh senyuman. Kini bila aku merengek minta di antar ke gramedia hanya untuk sekedar membaca (tidak punya duit buat beli he he) suami akan setia mengantar dan menemani sembari menjaga si kecil. Sedang aku akan berselonjor nikmat diantara rak-rak buku :). Kini bila aku harus ditinggal sendiri karena kesibukan dan hobinya main futsal di malam hari, aku akan dengan senang hati tersenyum menerima. Hai hai.. aku bisa menulis sembari menunggunya pulang hingga larut. Kini tidak ada lagi acara berebut remote tv dan ditinggal tidur, karena aku selalu mempersilahkan suami menonton sembari menemaniku menulis dan pergi tidur bersama.

Belum lagi perbedaan-perbedaan yang lain. Suami yang selalu tepat waktu dalam beribadah dan aku yang sering lalai. Dengan tidak bosan suami akan membacakan ayat 4-5 dalam suarat Al-Maun. Suami yang selalu menjadi tempat bertanya bila aku kesulitan mencari maroji dari tulisan-tulisan yang  ingin ku buat. Aaah rasanya tidak akan selesai bila kini aku harus menuliskan berjuta nikmat yang kudapat dari banyaknya perbedaan hobi dan kesenangan dari pasangan.

Sungguh bukan bagaimana kita selalu mengeluhkan perbedaan yang ada, tapi bagaiman kita menikmati segala perbedaan yang ada. Bila sekalipun kita berbeda kesenangan dengan pasangan kita bagai siang dan malam, atau bagai langit dan bumi itu tidak mengapa. Karena sesungguhnya dengan segala perbedaan itulah kita akan saling melengkapi dan semakin menjadi lebih baik.

"Dan diantara tanda-tanda kebesaran-Nya adalah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui (QS Ar-rum : 22)

Ayat ini tertulis setelah ayat yang menerangkan tanda kebesaran Allah dengan menciptakan pasanganmu dari jenismu sendiri..... (QS Ar-rum: 21)

Wallohu 'alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer