Aku dan Tangga Harapan #5

Islah wardani_Nice Home Work #5

Pada nice home work kali ini, saya akan memaparkan secara singkat apa dan bagaimana desain pembelajaran dalam keluarga saya yang tengah saya coba jalankan.

Seperti layaknya sebuah desain pembelajaran pada umumnya maka ada beberapa kata yang menjadi acuannya.

1. Kenapa??
Ya, baiklah kenapa saya perlu membuat desain pembelajaran. Itu semua supaya lebih memudahkan saya dan keluarga untuk fokus pada tujuan dan misi hidup keluarga.

2. Siapa??
Pelaku dari desain pembelajaran ini adalah saya dan suami sebagai orangtua. Lalu kedua ,Haqiya (6th) dan Sabqie (1,5th) sebagai anak.

3. Dimana??
Saya membagi wilayah pembelajaran pada tiga lingkup ruang.
-Rumah
-Lingkungan
-Sekolah

4. Bagaimana??
Ketika di..
-Rumah= saya (atau suami) sebagai madrasah pertama untuk anak. Mampu menjawab dan mendidik tentang segala hal dan pertanyaan yang muncul di ruang lingkup rumah.
- Lingkungan = di dalam lingkup lingkungan maka posisi kami sebagai orang tua bergeser sebagai pendamping yang bertugas mengarahkan anak. Membiarkan anak bereksplorasi dan menyerap apa yang ditemuinya tapi tetap dalam koridor pengarahan orangtua.
- Sekolah = dalam ruang lingkup sekolah orangtua hanyalah patner bagi guru. Segala sesuatunya harus mengikuti peraturan sekolah.

5. Kapan?
Sesuai tingkat usia pertumbuhan anak-anak.

Oleh karena orang tua juga harus aktif belajar untuk menunjang pemenuhan kebutuhan ilmu anak-anak.

Demikian desain pembelajaran secara sederhana yang dapat saya terapkan dalam keluarga.

Salam Ibu Profesional.

Islah wardani

Komentar

Postingan Populer